Beberapa Solusi Komputer Tidak Mau Menyala

By Unknown - November 22, 2018


Hallo teman2, lama tidak jumpa (postingan terakhir 2014 eww). Pada kesempatan ini saya akan posting mengenai komputer saya yang barusan bangkit kembali dari kematian wkwk. Singkat cerita tadi malam saya main komputer msh aman lancar jaya, terus  di Shutdown seperti biasa. Nah keesokan harinya pas mau nyalain komputer, komputer gak mau booting!!. Padahal cek sekilas semuanya udh terpasang bagus gk ada yg salah, mulai nih timbul perasaan yg gak enak dalam hati berkata apakah Power Supply (PSU) yg rusak? Motherboard rusak? dll. Setelah jalan kesana kemari di internet, coba beberapa tips akhirnya komputer saya bisa nyala kembali tanpa mengeluarkan biaya sepersenpun!. Mungkin ada beberapa teman yg punya masalah seperti saya, maka dari itu saya ingin berbagi sedikit tips dengan harapan komputernya dapat nyala kembali tanpa mengeluarkan biaya apapun. Langsung aja....
*Catatan : Cara ini hanya dilakukan jika sudah pengalaman/pernah rakit PC sendiri. Jika tidak yakin bisa minta bantuan dari teman/tetangga yg tau. Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan yg teman sebabkan.

1. Pastikan dulu aliran listrik ke komputer diputuskan dengan cara mencabut kabel2 (terutama ke PSU). Pada PSU pastikan dalam keadaan off biasanya dibelakang PSU ada tombol on/off. Jika ingin dinyalakan kembali tinggal pasang kembali kabel2, tekan tombol on pada belakang PSU.

2. Kalo tombol power pada komputer ditekan tapi gak mau nyala sama sekali kemungkinan besar PSU yg bermasalah, cek juga apakah ada bunyi2 aneh pada PSU. Solusi : Ganti beli baru 

3. Coba cabut VGA external kalau ada (pakai VGA onboard), terus nyalakan kalau menyala berarti PSU teman udh gak mampu ngangkat daya komputer. Solusi : Ganti PSU baru, disesuaikan dengan kebutuhan komputer teman kalo untuk gaming bagusnya 450w sampai 600w (minimal 80+ bronze).

Penampakan VGA external dan RAM

4. Kalo belum nyala coba cabut VGA external dan semua RAM, terus nyalain kalau menyala terus bunyi2 "beep" berarti  masalah di RAM. Solusi : Coba bersihkan RAM dari debu terus pasang kembali dengan kuat/rapat. (Ini solusi buat saya).

5. Setelah mencoba semua kemungkinan, kemungkinan besar yg rusak ialah Motherboard. Solusi : Beli baru (harus disesuaikan dengan komponen PC teman2).

Solusi buat saya ialah nomor 4, ternyata RAM saya kurang rapat/longgar jadi tinggal cabut terus pasang kembali dengan rapat. Hasilnya jreeng2 :
Setelah dipasang kembali dan dinyalakan
Komputer kembali normal yeah!


Itulah beberapa tips dari saya. Tolong bantu yah dengan cara share agar teman lainnya bisa baca juga hehe.



Semoga bermanfaat ^_^

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus