Data Link Layer

By Unknown - September 28, 2013


Selamat siang teman-teman sekalian, ketemu lagi di Sketsa Ilmu. Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai Data Link Layer. Ok langsung saja..

-Pengertian Data Link
Data link merupakan lapisan kedua dari model OSI/ISO (International Organization for Standardization/ Open System Interconnection), yaitu lapisan yang bertugas mengatur hubungan antara pengirim dan penerima, dan memastikan pesan sampai ke tujuan dengan baik. Lapisan ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas transmisi dan pengkodean impuls elektrik. Atau lapisan dalam model jaringan yang mengatur komunikasi di antara host secara spesifik.

-Hop-to-Hop Delivery



Pada Data Link juga dikenal dengan istilah Hop-to-Hop Delivery. Contohnya pada kasus ini dimana PC A ingin mengirim packet/data ke PC F maka data dari PC A melewati Router B kemudian ke Router E dan terakhir ke PC F. Pertanyaannya adalah kenapa data tersebut tidak ke PC D? Menurut saya itu dikarenakan Packet dari Layer Network tsb berisikan alamat IP tujuan akhir.

-Fungsi Data Link
Data Link Layer mengatur pengiriman frame dari satu hop (node) ke hop berikutnya.
Berikut beberapa fungsi dari data link layer :
1. Framing
2. Adressing
3. Error Control
4. Flow Control
5. Access Control

1. Framing
Data Link Layer bertugas untuk melakukan enkapsulasi (Pembungkusan). Paket dari layer sebelumnya dibungkus menjadi frame.

2. Adressing
Data Link Layer bertugas untuk pengalamatan (Addressing). Tujuan : Identifikasi mesin dalam satu local area network (LAN)

3. Error Control
Data bisa mengalami kerusakan (error) pada saat proses pengiriman. Error control bertujuan untuk menangani bila ada kerusakan data. Ada 2 cara didalam error control yaitu dengan singel bit-error dan burst error.
~ Singel Bit-Error. Pada singel bit-error hanya 1 bit pada data yang hanya diubah
~ Burst Error. Berbeda terbalik dengan singel bit-error, burst error mengubah 2 atau lebih data yang akan diubah.

4. Flow Control
Mengatur aliran pengiriman data dari Sender ke Receiver. Flow control bertujuan agar penerima tidak dibanjiri dengan data.

5.Access Control
Access control menangani akses terhadap media/link untuk menghindari collision (tabrakan) dalam medium.


-Diagram Flow


Gambar diatas menunjukkan tentang bagaimana sender (pengirim) mengirimkan frame kepada receiver (penerima) yang akan dibalas oleh receiver dengan mengirimkan konfirmasi atau acknowledge (ACK). 

Sekian dulu pembahasan kali ini. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau lain yang lainnya. Sekian dan Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat ^_^


Sumber

Images from google

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. mantap ilmunya gan
    jgn lupa kunjungi blog ane gan: http://ishakhc.blogspot.com/

    BalasHapus