Sistem Informasi Manajemen

By Unknown - September 25, 2013


Selamat pagi teman-teman sekalian, jumpa lagi di sketsa ilmu. Pada postingan kali ini mengenai tentang definisi sistem informasi manajemen yang dikutip dari beberapa sumber. Disini akan dibahas mulai dari pengertian, komponen, tingkatan, dan lain-lain. Sebenarnya ini juga merupakan tugas dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen yah hitung-hitung tambah postingan (sekali tepuk dua lalat hehe). Ok langsung saja :

-Definisi/Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja) yang memproses suatu data menjadi informasi untuk mencapai suatu tujuan.

-Komponen Sistem Informasi
1. Hardware
2. Software
3. Prosedur
4. Manusia
5. Data
Dimana hardware dan software yaitu sebagai mesin. Prosedur dan manusia merupakan manusia dan tata cara penggunaan mesin. Dan data sebagai jembatan/penghubung antara manusia dan mesin agar terjadi proses pengolahan data.

-Manfaat Sistem Informasi
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
  
-Tingkatan  Manajemen di Dalam Organisasi

~Perencanaan strategis, merupakan kegiatan manajemen tingkat atas
~Pengendalian manajemen, merupakan kegiatan manajemen tingkat menengah
~Pengendalian operasi, merupakan kegiatan manajemen tingkat bawah

Ok, mungkin itu saja yang bisa saya bahas, jika ada salah penulisan atau koreksi mohon di comment di bawah, Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat ^_^


Images from google



  • Share:

You Might Also Like

0 comments